Ovulasi Test STRIP, Solusi Perencanaan Kehamilan Bunda!

ovulasi test strip

Kegagalan dalam kehamilan bukan lagi masalah sepele dalam kehidupan rumah tangga. Setidaknya ada banyak pasangan yang baru menikah dan ingin segera memiliki anak namun belum terwujud. Lalu, adakah persiapan yang dapat Bunda lakukan untuk mendapatkan kehamilan? Selain menjaga kesehatan baik fisik dan mental, hal terpenting untuk mempersiapkan kehamilan adalah mengetahui masa subur. Dan kini, untuk mengetahui masa subur dapat dilakukan dengan mudah lewat bantuan alat tes ovulasi test strip.

Masa Subur (Ovulasi)

Masa subur atau yang secara ilmiah disebut ovulasi time adalah keadaan dimana indung telur memproduksi sel telur secara aktif akibat meningkatnya hormone Leuteinizing (LH). Dimasa inilah jika sel telur bertemu dengan sperma maka kemungkinan besar proses pembuahan bisa terjadi dan kehamilan pun bisa terwujud. Keadaan ini biasanya terjadi setelah hari 10 hari pasca mestruasi hari pertama. Jadi, Bunda bisa mendeteksi masa subur dengan alat tes ovulasi test strip setelah selesai masa menstruasi terhitung 10 hari sejak hari pertama menstruasi dalam satu bulan.

Mengapa Harus Ovulasi Test Strip?

Memprediksi masa subur tentu dapat dilakukan dengan banyak cara mulai dari pengukuran suhu setiap pagi, penghitungan masa subur manual (kalenderisasi) atau pun berkonsultasi dengan dokter. Namun, tidak jarang cara tersebut justru memberatkan Bunda dari segi waktu, tenaga mau pun biaya. Maka dari itu, alat tes ovulasi test strip menjadi jawaban untuk membantu Bunda!

Ovulasi test strip didesain sederhana menyerupai strip kertas tipis dengan pegangan yang dapat Bunda gunakan sendiri tanpa bantuan dokter sekali pun. Alat ini berfungsi mendeteksi hormon Leuteinizing sebagai tanda masa subur Bunda. Seperti menguji urine saat kehamilan dengan test pack, Bunda perlu mempersiapkan urine dalam sebuah tempat. Namun, Bunda harus menghindari urine pertama saat pagi, alangkah baiknya mengambil sampel urine antara jam 10.00-22.00. Celupkan bagian strip kertas pada urine Bunda dari batas maksimal yang sudah tertanda pada strip. Kemudian, diamkan alat antara 30-45 detik dan letakkan pada permukaan yang rata. Dalam 3-5 menit ke depan, Bunda dapat melihat hasilnya menyerupai garis yang artinya Bunda dalam kondisi positif masa subur.

Caranya cukup mudah, bukan? Selain cara penggunaan yang mudah, harga yang terjangkau menjadi keunggulan dari alat tes ovulasi test strip. Bunda dapat membeli strip test mulai dari Rp 2.000,00 per strip atau Rp 20.000,00 per box berisi 10 strip. Selain itu, Bunda dapat membelinya baik di apotek mau pun secara online di e-commerce resmi dari penjual strip test tersebut.

Mudah digunakan, harga terjangkau dan mudah didapatkan tentu bisa menjadi pertimbangan Bunda untuk membeli alat tes ovulasi test strip untuk mewujudkan impian kehamilan dan memiliki anak. Selamat mencoba, Bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *