Mengenal Apa Itu Warehouse Management System (WMS)

Penyimpanan barang di gudang

Anda yang bergerak dalam bidang pergudangan, pasti pernah mendengar atau menggunakan Warehouse Management System (WMS). Ini adalah salah satu sistem yang umum digunakan pada dunia pergudangan, dalam mengelola berbagai macam barang yang ada. 

Apa itu Warehouse Management System

Warehouse atau dalam bahasa Indonesia adalah pergudangan, adalah tempat atau ruang yang umum digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, yang akan digunakan pada proses produksi kelak, atau bahkan hasil produksi. Proses penyimpanan ini biasanya disimpan dalam jangka waktu yang cukup bervariasi, sebelum akhirnya didistribusikan ke berbagai macam lokasi, berdasarkan permintaan atau kebutuhan yang ada. 

Sedangkan Warehouse Management System adalah sebuah sistem yang sengaja dibuat, dan menjadi kunci utama dalam supply Chain atau rantai pasok. Dengan adanya sistem pengelolaan ini, maka berbagai macam proses yang berhubungan dengan pergudangan dapat dikontrol dan diamati dengan baik, dan teliti. Yang dimaksud dengan berbagai macam proses disini adalah Shipping  pengiriman, receiving / penerimaan, putaway / penyimpanan, move / pergerakan, dan juga picking / pengambilan barang. Untuk memastikan dan mudah menghitung berapa jumlah barang yang ada dan yang keluar, tentunya harus ada dokumen pasti, agar proses perhitungan kelak, jadi lebih praktis. 

Apalagi saat ini sistem pergudangan akan jauh lebih mudah, karena bantuan beberapa perangkat teknologi seperti radio frequency, Wifi LAN, Email, dan yang lainnya. Sehingga efisiensi proses pendataan akan jauh lebih efisien, dan juga optimal. 

Konsep Warehouse Management System

Dalam , Warehouse Management System ada konsep yang jelas dan harus dilakukan dengan baik. sehingga proses keluar masuk barang dapat terdeteksi dengan baik. Berikut adalah konsep yang dimaksud :

  1. FIFO (First In First Out)  

Artinya adalah barang yang pertama kali masuk, akan keluar kali pertama. 

  1. LOFO (Last In First Out)

Artinya barang yang terakhir masuk, adalah barang yang pertama kali keluar. 

  1. FEFO (First Expired First Out)   

Dimana barang yang mempunyai tanggal kadaluarsa yang lebih dahulu, maka itu adalah barang yang pertama kali keluar.   

Artinya, ini adalah salah satu sistem yang harus diterapkan dengan baik, oleh Anda yang memang bekerja dalam bidang atau sistem pergudangan. Sistem ini sendiri, dapat digunakan oleh berbagai macam gudang.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *