Lakukan 5 Hal Ini Dalam Sistem Pengelolaan E-Commerce Warehouse Management

Sistem e-commerce warehouse management

Sistem pengelolaan ecommerce warehouse management dari perusahaan yang satu tentunya akan berbeda dengan perusahaan lainnya. Hal ini bergantung pada aturan serta keputusan atau pun kebijakan yang dimiliki oleh setiap pimpinannya masing-masing. Bagi anda yang juga memiliki perusahaan e-commerce dan tengah mencari cara pengelolaan untuk manajemen gudang yang baik maka tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa sistem pengaturan atau pengelolaan gudang di bagian bawah ini :

  • Merapikan tempat penyimpanan

Langkah pertama yang dapat dilakukan pada sistem pengelolaan dari manajemen gudang yang baik adalah merapikan tempat penyimpanan inventaris yang ada. Dengan demikian, stok barang yang anda miliki pun dapat tertata dengan lebih rapi, dan tentunya akan lebih mudah untuk ditemukan.

  • Pembuatan forecast dari persediaan barang

Forecasting atau perkiraan dari jumlah barang yang mungkin anda butuh untuk ditambahkan pada gudang yang anda miliki sebagai bentuk persediaan ke depan hal ini memang cukup sulit untuk dilakukan apalagi bagi anda yang menjual beragam jenis produk, namun tentunya tetap bisa anda siasati dengan melihat jumlah dari penjualan sebelumnya. Dengan kata lain, jika bulan sebelumnya anda membutuhkan sekitar 100 barang, maka untuk bulan selanjutnya pun barang yang anda butuhkan berada dalam jumlah yang sama pula.

  • Analisis ABC

Analisis ecommerce warehouse management juga menjadi bagian yang harus anda lakukan lainnya, seperti melihat kiranya barang mana saja yang harus anda tambah atau kurangi dari gudang. Dengan demikian, anda pun dapat menambah jumlah barang yang memang dibutuhkan dalam jumlah banyak serta mengurangi atau mengeluarkan barang yang memang tidak diperlukan kembali. Untuk itu, dalam melakukan analisis ini, pastikanlah untuk membagi barang menjadi tiga kategori berbeda yaitu, produk bernilai tinggi namun penjualan rendah, produk bernilai sedang dengan penjualan tinggi, serta produk dengan penilaian rendah namun memiliki nilai penjualan tinggi.

  • Pengecekan berkala

Selain beberapa hal di bagian atas tadi, pastikan pula untuk melakukan pengecekan dari barang yang hendak dimasukkan ke dalam rak. Dengan demikian, anda pun akan mengetahui dengan lebih pasti, barang apa saja kiranya yang hilang, rusak, atau bahkan mengalami kesalahan lainnya. Inspeksi ini dapat dilakukan sebelum produk yang masuk diberikan kode sehingga barang yang memiliki kode benar-benar layak untuk dijual atau dipasarkan.

  • Pemberian kode pada barang masuk

Bagian lain yang juga tidak kalah penting untuk anda lakukan dalam proses pengelolaan manajemen gudang adalah pemberian kode pada setiap barang yang ada atau barang yang masuk. Dengan pemberian kode tersebut, tentunya anda pun dapat mempercepat proses pencarian dari barang yang dibutuhkan. Pemberian kode sendiri dapat dibedakan berdasarkan pada ukuran serta warna yang dimilikinya, sehingga anda pun dapat melihat atau mengetahuinya dengan lebih cepat dan mudah.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam proses pengelolaan dari sistem ecommerce warehouse management atau manajemen gudang dari perusahaan e-commerce dengan lebih tepat dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *