Bentuk Rangka Baja Ringan Untuk Bangunan Rumah yang Kokoh

rangka baja ringan atap rumah

Ketika anda membeli rangka baja ringan atap rumah, biasanya para penjual atau produsen sudah menyediakan gambar-gambar yang bisa jadi panduan saat memasang berbagai bentuk baja ringan tersebut. Dengan adanya gambar kerja tersebut maka proses pemasangan rangka baja ringan dapat terkontrol dengan sangat baik.

Perlu anda ketahui masing-masing produsen menyediakan profil baja ringan yang berbeda-beda, baik itu dalam bentuk ukuran, bentuk, atau bentuknya. Itulah sebabnya sebagai konsumen anda harus sangat teliti ketika menentukan bentuk baja ringan apa yang tepat untuk kebutuhan bangunan rumah anda.

Dalam memperoleh komposisi baja ringan yang tepat yakni anda harus menyesuaikannya dengan desain bangunan. Sebagai contoh untuk membuat rangka atap menggunakan baja ringan, hal yang perlu disesuaikan ialah struktur dan jumlah baja ringan yang sesuai dengan bentuk penutup atap bangunan anda.

Agar lebih jelasnya berikut kami bagikan beberapa bentuk baja ringan yang umum di produksi oleh para produsen. Yuk simak selengkapnya.

Baja Ringan Z

Karena berbetuk seperti huruf Z makanya bentuk ini dinamakan baja ringan Z. Fungsi utama bentuk rangka baja ringan Z ialah sebagai penyambung. Utamanya sebagai penyambung struktur kuda-kuda pada bagian atap bangunan. Titik berat baja ringan Z ini berada pada bagian tengah, sehingga membuat baja ringan bentuk ini akan mudah menyeimbangkan beban yang ada di bagian kiri dan kanan.

Baja Ringan C dan W

Baja ringan C danW merupakan bentuk pelengkap dan kekuatan bagi baja ringan bentuk Z. Antara baja ringan C dan W mempunyai bentuk yang mirip, hanya saja yang membedakan yaitu ukuran W lebih besar dibandingkan dengan yang C. Baja ringan bentuk C, W, dan Z memiliki ketebalan yaitu 0.8 – 1 mm yang fungsinya sebagai batangan struktural.

Baja Ringan B

Bagian rangka atap baja ringan membutuhkan batang penahan untuk bagian penutup atap. Desain baja ringan B ini lebih tipis apabila dibandingkan dengan bentuk baja ringan lain dalam memenuhi fungsinya.

Saat merakit baja ringan, anda harus mempersiapkan peralatan penyambung seperti sekrup dan bracket. Biasanya peralatan ini sudah disediakan oleh produsen. Karena berbeda bentuk baja ringan yang digunakan maka berbeda pula sekrup dan bracket yang dipakai. Tidak hanya menyesuaikan bentuk dan bentuk material bangunan yang digunakan, merakit rangka baja ringan juga butuh penyesuaian dengan beban yang akan ditopang. Saat melakukan perakitanpun anda juga wajib mematuhi dan memenuhi semua kaidah dengan benar.

Penggunaan bentuk rangka baja ringan yang tepat dan benar akan membuat struktur bangunan rumah anda semakin lebih kokoh dan kuat serta tahan terhadap guncangan. Sehingga jika terjadi bencana alam seperti gempa bumi anda tidak perlu terlalu khawatir lagi, karena bangunan yang menggunakan baja ringan lebih tahan gempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *